Rabu, 09 Desember 2009

Lentera Hati Kultum

Ada Apa Dengan Valentine's Day!?

Valentin's Day,diyakini banyak orang sebagai hari kasih sayang.Di beberapa Negara Valentine's day ini selalu di meriahkan dan sebagian kalangan terkadang menganggap sebagai Hari Raya Cinta.Moment ini,lantas di jadikan sebagai ajang untuk mempererat tali kasih terhadap pasangan.Biasanya mereka merayakan dengan acara-acara khusus,mengenakan pakaian dan aksesories berwarna tertentu dan banyak hal lain contoh merayakan Valentine's Day,yang proses pengekspresiannya kadang bertentangan dengan norma agama.

Fenomena tersebut tanpa kita sadari sudah merambah ruang kehidupan masyarakat muslim,menjadi sebuah arus besar budaya yang menyedot ketertarikan para remaja untuk turut andil di dalamnya.Media "Pop" sejatinya,turut menyumbangkan "Dosa" dalam melanggengkan budaya bias ini.

Merunut lebih jauh,budaya ini terjadi,ketika Kaisar Romawi,Claudius II,menetapkan Undang-Undang larangan menikah bagi para pemuda.Demikian karena Bangsa Romawi ketika itu sangat membutuhkan tenaga muda untuk di tempa menjdi tentara dalam rangka menguatkan pertahanam Negara.

Seorang Pastur,yang dianggap suci bernama Santo Valentino rupanya melanggar larangan tersebut.Di tengah-tengah kegencaran San Kaisar menerapkan undang-undang tersebut,sang pastur justru meresmikan pernikahan sepasan pengantin muda.Tak ayal lagi,Sang Kaisarpun murka mendengar kabar itu,kemudian pemerintah Romawi menangkap pastur Valentino dan menjebloskan ke dalam penjara.

Kedekatan Sang Pastur dengan anak-anak membuat meeka sering berkirim surat melalui terali jendela penjara untuk menghibur Sang Pastur yang tengah mendekam di dalam penjara.Kemudian pada tanggal 14 Februari 269 M,pastur Valentino di jatuhi hukuman mati,maka untuk mengenang kematian Valentino pada tahun 469 M,Paus Glasius menjadikan tgl 14 Februari sebagai hari Valentine's (Hari Kasih Sayang).

Akan muncul di benak hati kita umat muslim,apakah islam melarang adanya hari kasih sayang? Islam tidak melarang dengan bentuk-bentuk kasih sayang,kita lihat saja dalam surat al-Fath,kata :"....ruuhamaa-u bainahum..."artinya:kasih sayang diantara sesamamu.

Islam mengenal ekspresi kasih sayang yang agung dari drama cinta Nabi Ibrahim dan Isma'il Alaihis Sholatu Wassalam serta Siti Hajar,yang kemudian di abadikan dengan Hari Raya Qur'ban.Sebuah potret biru cinta,ekspresi cinta ,pengorbanan dan kepatuhan yang sempurna yang oke punya.Berbeda dengan Valentine's Day yang kadang menjadi ajang ekspresi cinta yang kebablasan.Walau atas nama cinta bagaimana mungkin kita bersedia terseret arus besaq budaya sarat dosa itu? kenapa kita tidak memeriahkan Hari Raya Qur'ban sebagai simaol hari raya cinta dengan berQur'ban dan memberikannya kepada kaum papa?


By: Angnasir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar