Jumat, 11 Desember 2009

Kultum:PINTU SYAITHON

Seorang shoheh berkata:"Syaithon masuk kedalam hati manusia melalui sepuluh pintu :

1. Tamak dan Jahat Sangka,lantas aku menghadapinya dengan menaruh kepercayaan dan percaya dengan yang ada setelah berusaha dan berikhtiar.

2. Cinta kehidupan dan panjang angan-angan,lantas aku menghadapinya dengan rasa takut terhadap kedatangan maut dengan tiba-tiba.

3. Cinta kemewahan dan kenikmatan,lantas aku menghadapinya dengan meyakini bahwa nikmat itu hilang dan meyakini balasan buruk.

4. Kagum padadiri sendiri (ujub) ,lantas aku menghadapinya dengan mensyukuri nikmat-nikmat pemberian Allah dan takut akan balasan dan siksa.

5. Pandang rendah terhadap orang lain dan tidak menghormati mereka,lantas aku menghadapinya dengan mengetahui hak-hak dan kehormatan mereka.

6. Hasad,lantas aku menghadapinya dengan sifat qona'ah (berpuas hati dengan apa yang ada setelah berusaha dan berikhtiar) dan ridlo terhadap pemberian Allah kepada mahluq-Nya.

7. Riya' dan suka pujian manusia,lantas aku menghadapinya dengan sifat ikhlas.

8. Bakhil,lantas aku menghadapinya dengan meyakini bahwa apa yang ada ditangan mahluq itu akan binasa sedan apa yang ada di sisi Allah itu akan kekal.

9. Takabbur,lantas aku menghadapinya dengan sifat tawadhu'.

10. Tamak,lantas aku menghadapinya dengan yaqin terhadap balasan Allah dan tidak mengharapkan sesuatu yang ada pada manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar